Wednesday, August 22, 2012

Activity: Membuat kalung dari sedotan

Liburan ini, kalau pagi Vino jalan-jalan di kompleks rumah (kalau bisa bangun pagi). Lumayanlah, mumpung sepi, bisa mengamati aktivitas di luar rumah, belajar membaca angka (dari nomer rumah), sekalian berjemur supaya sehat :)

Sudah lama tidak posting mengenai aktivitas. Soalnya agak jarang juga bikin-bikin bahan yang bisa kasi kesibukan buat dia. Biasanya kalau tidak nonton TV, main puzzle (sudah mulai bisa bikin mobil-mobilan sendiri) atau ikut 'repot' petik sayur dan masak hehehe... Kali ini kucoba dengan membuat kalung dari sedotan.




Bahan:

  • Sedotan plastik merah dan biru (sesuai selera)
  • Gunting
  • 2 batang lidi
  • Benang (aku pakai benang wool)

Cara:

  1. Gunting sedotan agak panjang. Karena Vino sedang belajar menggunting, dia menggunting sedotan sendiri (tentunya di  bawah pengawasan)
  2. Ikatkan lidi di kedua ujung benang. Fungsinya buat penahan agar sedotan yang sudah dirangkai tidak lepas, satunya lagi berfungsi seperti jarum. 
  3. Masukkan ujung lidi melalui lubang sedotan. Rangkai kombinasi warna sesuai selera saja. 

Aktivitas ini bisa melatih motorik halusnya, konsentrasi, kreativitas (kalau sudah bisa membuat pola boleh juga dikombinasikan warnanya dengan pola tertentu) dan melatih emosi (harus sabar dan tekun). Vino sudah mulai bisa merangkai selang seling merah dan biru (meskipun ada juga beberapa yang missed, dan belum tau juga apakah itu kebetulan berpola atau bagaimana), dan terakhir dia agak marah-marah soalnya sedotannya lepas (*sigh). Tapi terus ada juga idenya, rangkaian yang sudah jadi gak mau dibuat kalung, tapi dibuat rodanya tank (mau dilem sama roda truk-nya)...yah, tentu aja gak bisa nempel (can you imagine that? *wink)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...