Thursday, May 3, 2012

First day at school

Ini hari pertama Vino masuk sekolah di Baby Smile. Sudah trial 2x.
Duluuu sekali, waktu masih kerja..pernah mampir juga dan waktu itu infonya trial hanya 1x (mana bisa sih, pikirku waktu itu). 


Hunting & Trial
Sempat tanya2 info di Montessory, dapat info juga di Apple Tree, St. Clara, Buah Hati...wakx...MAHALLL...
SPP aja kisaran 900rb-1jeti-an. Ada yang sekolah tiap hari...waduh...
Aku rasa masih PG/TK belum perlu lah segitu. 

These are some reviews:

Mutiara Ibu
Mutiara Ibu murah juga, dekat gereja di Hendrikus (Wisma Mukti, Surabaya). 
PG-lulus TK cuma 1 juta sekian, tanpa uang pendaftaran ulang.
No Aircon (it's ok for me), suasana di kelas agak remang-remang karena memanfaatkan cahaya dari luar. Tidak ada field trip. Mereka memanfaatkan fasilitas di sekolah sendiri untuk kolam renangnya (bentuknya seperti bak mandi besar dan panjang). Menurutku segi positif field trip anak diajak untuk lebih mengexplorasi lingkungan di luar rumah dan sekolah, meskipun bisa dilakukan dengan keluarga sendiri-tapi lebih seru kan kalau pergi dengan teman-teman :)
Ada juga kebun di lantai 2 (untuk anak TK). 


Sebetulnya itu bukan main reason kurang sreg nyekolahin Vino di situ. permainan di ruangan kayaknya kurang terjaga kebersihannya alias berdebu (ada guling-gulingan yang sarungnya sudah tampak kumal, telpon mainan, dan masih banyak lagi benda-benda yang kayaknya berdebu, Kan ga tau anak kecil mainannya gimana nanti. Selain itu, fasilitas permainan (baik outdoor maupun indoor) at least perlu dicat ulang.

Ada juga perpustakaan (berupa rak tinggi) dan di sebelahnya ada kolam bola. Soal  buku...bagus juga, karena kalau ada sekolahan yang ada buku2nya berarti mereka memupuk niat baca anak (I love books). Tapi...sebelahnya persis, ga sampai 1 meter, ada kolam bola (ditutupi plastik). kan bisa saja nanti anaknya manjat2/mundur trus jatuh ke kolam (apalagi Vino model grusa grusu n clumsy). Dan namanya kolam bola....pasti jarang banget dibersihkan! 
Pertimbangan lain, kelas PG dan TK tidak dipisah ruangan, hanya dibagi saja. Apa nanti proses belajar tidak terganggu? (katanya tidak sih, tapi aku juga ga yakin)

Meskipun begitu, sebetulnya bagus juga mereka menyediakan tools buat merangsang motorik dan sensorik anak (ada biji-bijian, ada garam -entah sudah berapa lama ngendon di situ), ada papan balok buat belajar ukuran (besar, sedang, kecil). Sebetulnya ide bisa dicontoh, tapi ga cocok kalau Vino dikasi begituan. Bisa huru hara :P(sudah kejadian...hahaha)

Oh ya, di situ juga tidak ada trial. Hari pertama anak langsung dipisah sama ortu (hal ini tidak terlalu masalah sih), cuma soal kebersihan dan kolam bola itu yang jadiin aku ga sreg :D

Mary Queen
Lokasinya di Sutorejo, depannya univ Widya Kartika (WK). -->Lokasi agak jauh
Kalau mau trial atur janji dulu. 
Sekolah katolik.  (good)
Harga bonda bandi sama Baby Smile
Sekolah tiap hari dari 10.30-12.00 (well, ini ga cocok buat Vino-jam ngantuk). Sekolah tiap hari belum perlu untuk anak kecil.
info terakhir (dari sesama mom yang anaknya trial di BB Smile): belajarnya di lantai. Lantainya dari kayu (lama-lama kan bisa bungkuk)
Kalau pas makan saja di meja, nanti kembali ke tempat. 
Mungkin dia hanya lihat sebagian aja, soalnya yang aku lihat di web ada tuh meja2nya. Kelas kelihatannya luas juga.

Baby Smile
Setiap orang tua pasti punya pertimbangan tersendiri dalam memilih sekolah untuk anaknya. 
Kita pilih Baby Smile soalnya jaraknya amat sangat dekat (1 gang, cuma beda 2 rumah . so-kalau sekolah jalan kaki:P)
Biaya tidak terlalu mahal. SPP 350-360rb. Dikasi tambahan discount untuk uang pangkal (nawar.com hehehe). Vino kayaknya nyaman juga di sana waktu trial

trial mengenal macam alat musik

trial: belajar mandarin

trial: masuk terowongan

Ruangan memang tidak terlalu luas. Infonya sih ada metode montessory juga, trus fokus ke tumbuh kembang anak dan kepribadiannya. Dilatih untuk berani bla blabla. 

Well, semua ini tidak terlepas dari jasa Sr. Diana (guru sekolah minggu favorite-St. Clara)
Vino masih ingat kalau ditunjuki fotonya. Dulu waktu masih umur 1 th lebih diajak ke situ, maunya ya sama suster tadi :) Berkat ikut sekolah minggu dan BIAK (Bina Iman Anak Katolik), Vino mulai berani bersosialisasi dan explorasi lingkungan :)

First Day at school
Sempat mogok mandi (karena malas mandi, bukan ga mau ke sekolah). Untung akhirnya mau
Pergi sekolah pakai topi dan payung (sudah panas).
Pas dateng sudah mau masuk, eeh...dia nyelonong aja masuk hehehe...trus gurunya (Aunty Ayu) bilang coba ditunggu di luar aja, nanti kalau anaknya cari baru masuk. 

10 menit, 20 menit, setengah jam ga nongol...wih..hebat juga :)
Tapi waktu makan Vino keluar (pakai celemek...hihi...lucu).  dan ga mau masuk lagi. Akhirnya dibujuk-bujuk pakai bola sama kereta api (gara2 lihat ada anak bawa Thomas *swt*......)mau masuk juga
Ternyata tadi dia cari2, tapi masih bisa dialihkan. Masih asyik dengan mainannya, tapi kadang memperhatikan-dan kalau ditanyain soal warna2 mau jawab. 
Good job Vino (jempoool) ^^ xoxo Kamu mau mencoba buat berani :)
Besok coba lagi ya :)

*ya gini deh, kerjaan baruku...jadi mommy yang anaknya mulai sekolah. 
Nungguin sekolah, antar jemput, ikutin BIAK, ikut lomba mewarnai telur paskah, putar otak bikin prakarya n  mainan buat Vino. Enjoy juga :)

What next??

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...