Sunday, April 22, 2012

(Calon) Mommies...GO ASI

Akhir-akhir ini sering mendapat sharing mengenai kehamilan dan balita. 
Masing-masing mempunyai suka dukanya sendiri.

Sesudah resign dari kantor lama, ternyata aku bisa juga menjalin pertemanan di pekerjaan baruku. 
Sifatnya yang online memungkinkan dapat teman dari Jakarta, Bandung atau luar pulau sekalipun. 
Ternyata teman-teman baru ini banyak juga yang sedang expecting baby. Ada yang istrinya tinggal berjauhan dan sedang hamil 5 bulan, ada teman yang sedang mengalami morning sick. Ada juga yang sudah masuk usia kandungan 7 bulan...bahkan ada yang usia kandungan 6 bulan, tapi dapat berkah ke Stockholm GRATIS!! Siapa yang menolak coba :)

Selain mereka, ada juga famili dekat yang baru mulai  hamil, dan lucunya...dia lagi alergi sama suaminya dan sama rumahnya. Ya lucu bagi orang luar, tapi tentunya tidak bagi yang mengalami. Jadi dia sedapat mungkin di rumah ga ngeliat suaminya. Kalau liat, bisa langsung eneg. Masuk rumah juga ga suka. Lihat pagar rumah aja sudah ilfill. Jadi kalau di rumahnya, ga bisa makan dan minum sama sekali sampai lemas. Even her favourite foods. Tapiii....kalau sudah pulang ke rumah ortu...hilang tuh segala gejala yang aneh2...mau makan minum...Yeah...aku rasa ini soal psikologis. Semoga selewat 3 bulan gak gitu lagi...hehehe...

Dari calon ortu baru ini, ada yang merasa khawatir, bisa gak ya dia menyusui...atau...gimana rasanya melahirkan? Takut sama rasa sakitnya. Takut kalau ASI gak keluar. Yah, pikiran-pikiran seperti itu normal bagi calon ortu baru...terutama calon ibu. Akupun pernah mengalaminya...tapi aku berusaha positif thinking dan gak terlalu mikiri soal2 itu. 

Aku mencoba kasi semangat ke mereka . kasi beberapa tips dan sharing pengalamanku tanpa bermaksud menggurui. Dan yang tak kalah penting...sebisa mungkin babynya nanti minum ASI. GO GO GO ASI!!! hehehe...Kalau bisa lulus S1 (6 bulan pertama), S2 (1tahun) kalau perlu S3 (2 tahun) sekalian :) 
Puji Tuhan Vino bisa lulus S3...even badan kecil tapi teramat sangat jarang sakit dan anaknya cerdas. Tapi tentunya pakai perjuangan. 


Mengingat ke belakang, baru sadar kalau Vino bisa lulus S3 lho. 
Dari baru lahir...jadi mom yang bodo, sampai gendong anak aja gak becus, menyusui gak bisa (syukur produksi asi lancar), lack of knowlede soal asi sehingga sempat kena sufor 3-4 bulan. Perjuangan belajar menyusui sampai 1 bulan awal serasa hidup di kamar saja, pumping di kantor dan kejar tayang demi bisa supply asi terus meski Vino aku tinggal kerja. Puji Tuhan juga ada teman seperjuangan di kantor walaupun silih berganti (yang paling awet si Fenti...miss u Fen ^^)...pernah juga ngalamin penyumbatan dan PD keras gara2 telat dikeluarkan asinya...waduh...sakit ampun-ampun.

Eniwei....buat teman-temanku yang sedang expecting baby...jangan menyerah mengusahakan ASI untuk calon anak kalian ya. Tidak mudah memang, apalagi buat working mom...but nothing is impossible :)

Tips (ini dari pengalamanku ya):
  • Kalau bisa ikutlah senam hamil waktu usia kandungan memulai masuk 6 atau 7 bulan. Di situ akan dapat banyak sekali pelajaran yang berguna, apalagi waktu hari H. 
  • Kapan harus berangkat ke RS?? Tips dari dokterku
  1. Kita (bumil) yang menentukan. Bukan ortu, bukan suami atau orang lain. Karena yang hamil kita kan?
  2. Kalau ketuban pecah, segera ke RS
  3. Kalau masih keluar flek, tenang saja selama belum kontraksi 5 menit sekali. Kalau kepagian ke RS bisa tambah stress (masih ingat soal ini, jumat malam mulai ngeflek tapi belum kerasa sakit sama sekali. Sabtu masih ngantor buat nitip kerjaan...masih nyetir sendiri, dari kantor dianterin teman yang kuatir dan masih sempat mampir toko bayi buat beli beberapa keperluan trus siangnya masih sempat ngajak teman jalan ke mall buat makan KFC..ceritanya ngidam.com wkwkwkwk)
  • Perbanyak konsumsi sayur dan kacang-kacangan
  • Mulai pijat payudara setelah mandi (bisa dengan baby oil). Tangan digenggam, kemudian pijat dengan gerakan melingkar ke arah areola (bagian yang gelap di sekitar puting). Untuk yang mempunya puting adatar, bisa juga pijat lalu puting ditarik2 supaya agak keluar.
  • PERCAYA DIRI kalau asi akan keluar dan BISA menyusui. Karena mindset juga mempengaruhi banyak sedikitnya produksi asi.
  • Buat working mom, siapkan botol UC dan tutup plastik untuk menampung stock ASI. Tutup plastiknya bisa dari tutup soda semacam coca cola, sprite or sejenisnya. Lebih bagus lagi kalau bisa beli di luar. Bumil jangan banyak2 minum minuman bersoda. Idealnya sediakan waktu untuk pumping at least 1 bulan sebelum cuti melahirkan berakhir. 
  • Kalau tertarik untuk mengikuti kelas soal asi, bisa visit web www.aimi-asi.org.
  • Kalaupun nantinya mengalami kesulitan soal pemberian asi, jangan langsung memberi sufor. Sedapat mungkin cari info ke konselor laktasi (kalau akses memungkinkan, terutama di kota-kota besar), atau kalau nggak coba join milis asiforbaby di yahoogroups.
Sebenarnya banyak tips lain soal asi tapi akan terlalu panjang kalau dibahas di sini. 
Good luck buat para calon ortu. Para ayah...dukung istri tercinta dengan jadi breasfeeding father ya :) 
Setiap orang tidak sama kondisinya, tapi jangan putus asa...tetap berusaha...pasti bisa demi anak tercinta.

God Speed.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...