Monday, March 5, 2012

Boardbook: Cars-Warna

Buku boardbook Cars ini aku beli di Gramedia. 28ribuan kalau tidak salah. Belinya waktu Vino sekitar umur 1 tahun lebih. Tujuannya buat mengenalkan warna. Beli yang ada karakter Cars. Waktu itu dia juga masih belum terlalu mengenal tokoh-tokoh film tersebut. Mamanya juga belum kenalan. Kalau sekarang sudah hapal semua hehehe.

Tiap hari diceritai, dibacakan, dikenalkan dan dipraktekkan. Misalnya kalau pergi jalan-jalan, ada mobil lewat, kita tanya "Mobilnya warna apa Vino?...Biru kayak Doc Hudson atau hitam kayak Sheriff" Lambat laun dia bisa menjawab dengan mengasosiasikan warna dengan tokoh-tokoh di buku.

Contoh lain, dikenalkan warna-warna di kertas lipat. Kuning seperti Luigi, merah seperti MacQuin, dll. Kita pakai bahasa Indonesia dulu jadi anaknya tidak bingung bahasa. Sekarang setelah sudah mengenal warna, pelan-pelan mulai dikenalkan dengan bahasa Inggris. Di buku ini juga ada pengenalan bahasa Inggris untuk warnanya. Red untuk  merah, yellow untuk kuning, dsb

Sampai sekarang kalau mau tidur Vino masih minta dibacakan buku ini. Dia suka dengan tokoh-tokohnya. Sekarang cara ini mau aku pakai buat mengenalkan angka :)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...