Monday, March 26, 2012

Reward or punishment?

Hari ini betul-betul dibikin puyeng sama Vino..eits...salah ya..harus bersyukur dulu, diberi anak sehat yang bisa mengungkapkan keinginannya (meskipun keinginan yang tidak sesuai dengan para orang dewasa). Sedikit-sedikit kalau keinginan tidak dituruti ujung-ujungnya nangis. Menurut buku parenting yang pernah dibaca, kalau anak menangis biarkan dahulu sampai dia tenang baru diajak bicara. Tapi kalau keseringan nangis-lama lagi...males juga dengernya. Gregetan. Kalau pas lagi nangis terus dikasi peringatan dan ditinggal, wah nangisnya tambah ngejer. Cape deeeh.

Warnanya ditumpahkan
Picasso cilik
Hari ini bermain cat air lagi. Sebenarnya agak malas ngasi Vino permainan ini, karena dia diajarin pakai cat air masih belum mau-dalam artian dikasi tau tidak mau mendengarkan. Misalnya sudah ada macam-macam warna, tapi dia masih nggak mau cuci kuas kalau pindah dari 1 warna ke warna lain. Yang ada malah dicampur semua sampai jadi hijau kehitaman terus jadinya main air sama spons yang buat melukis. Well, sebenarnya sampai sini tidak masalah...karena aku sudah siap, kalau main cat pasti kotor n udahlah dia mau ngapain aja. Sempat juga Vino gambar garis bergelombang (versi Vino) trs main tebak-tebakan abjad..sisanya dia asyik berkreasi sendiri pakai spons dan mindah2 air pakai spons hehe...

Sudah kelamaan main, diingatkan buat pipis marah-marah. Nangis2..padahal sebetulnya sudah kebelet. mendekati jam makan  ganti permainan pindah-pindah air dari botol-gelas. Karena waktunya mepet jadi nggak terlalu melayani keinginan dia buat isi air bolak balik...mewek lagi. Disuruh mandi, ribut lagi.........gantian waktunya disuruh mentas...ribut lagi gara2 nggak mau berhenti main air di kamar mandi. Disuruh makan nggak mau, mesti pakai ancaman gak usah lihat TV kalau ga makan. Tidur aja. nangis-nangis lagi. Wis...pokoknya rempong bin menjengkelkan! Capek juga marah2.

Sistem time out juga sudah sering diterapkan, tapi belum terasa manfaatnya. Sejauh ini cuma sorry-sorry tapi pada prakteknya juga terulang lagi. This is absolutely trouble two. Ataukah memang pada usia yang sangat dini seperti ini penerapan disiplin susah ya...tidak semudah di tayangan Nanny 911-dalam 7 hari sudah berbalik menjadi anak yang manis (mungkin proyek yang gagal tidak ditayangkan ya)

Reward cards
Malam in mencoba bikin reward cards. Gambarnya Gigy (boneka kesayangan Vino) sama Lightning McQueen (tokoh Cars) yang lagi nyengir mamerin gigi, supaya Vino lebih rajin sikat gigi,. Jadi, kalau dia berbuat hal yang positif seperti bantuin memasukkan baju ke laci, atau membawakan piring makan ke dapur-dapat Gigy card. tapi kalau nggak nurut, nakal, dll yang jelek-jelek rewardnya diambil. Berapa reward cards yang dikumpulkan bakal dihitung waktu malam. Sudah dijelaskan juga sama dia, kalau mau kartu-kartu itu harus usaha. Nggak asal ngasih.

Testing malam ini (percobaan pertama) berhasil. Masih baru kalii :)
Vino yang bawa tongkat kemana-mana (nggak mau dilepas, padahal kotor) pas diiming2 Gigy card, dengan sukarela ngasih tongkatnya. Padahal tadinya keras kepala banget gak mau ngasih. Sikat gigi masih alesan ini itu, tapi aku kasi reward juga buat menghargai dia mau sikat gigi. Kartunya dia sendiri yang masukkan ke wadah-supaya senang. Berhasil atau tidak? We'll see.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...