Friday, January 6, 2012

Book lover

Waktu masih kecil dulu, papi tiap malam mesti mendongeng buat aku dan cece sebelum kami tidur. 
Sering kali ceritanya soal the famous "Journey to the West", yaitu perjalanan pendeta Tong Sam Cong dan murid-muridnya ke barat untuk mencari kitab suci. Or cerita Cina klasik, Shih Jin Koei.
Koleksi bukunya 2-3 lemari besar. Dari buku kuno, cerita silat, buku-buku bahasa Belanda, buku otobiografi, tentang agama, tentang budaya, intisari, dll..wah kayak toko buku deh.

Kecintaan papi pada buku menulari kami juga.
Koleksi buku kita banyak juga. Donal Bebek dan Bobo dari yang sampul juelek seperti kertas buram, sampai yang sudah bagus. Yakari, Lucky Luke, Asterix & Obelix, Tintin (sekarang harga sudadh membumbung tinggi...hiks). Dongeng H.C Anderson juga ada.
Dikasi seabreg buku (warisan, tepatnya) sama saudara. Ada buku cerita sebangsa Gulliver, Wild Wild West, sampai ke buku kecil-kecil tentang dongeng cerita rakyat (I dunno where they are now huhuhuuuu.... Sama papi disimpan di gudang...which is kayak hutan saja).
Sebelum tidur, pasti aku sempatkan untuk membaca.

Kecintaan membaca buku ini membuat aku lebih suka beli buku daripada beli fashion items (tapi bukan berarti aku gak pernah beli barang2 fashion lho).
Kadang kan teman-teman kantor ribet soal mau beli baju lah, sepatu, tas atau lainnya....aku lebih suka pakai 1 barang sampai rusak/jelek. Uangnya lebih baik aku beliin buku aja hehe :)

Seperti pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya.
Like father like daughter.
Like mother like son :D
So, aku juga mau menularkan cinta buku ini kepada Vino

Dari waktu dia umur beberapa bulan, sering aku ceritai..apalagi saat menyusui.
Selain katanya untuk stimulasi otak, tujuanku seperti tadi yang aku bilang. Eh, ternyata agak besar gini perbendaharaan katanya banyak. Doyan ngoceh hehehe. Dan suka didongengi atau liat-liat buku.

So, aku semakin rajin cari ide cerita di internet buat bahan dongeng. Untuk merangsang daya imaginasinya juga. Beberapa postingan cerita di sini adalah beberapa bahan yang aku pakai buat dongeng. Selain untuk share ke teman-teman, juga supaya memudahkan aku untuk cari lagi kalau-kalau lupa. Banyak sekali bahan untuk cerita, apalagi dengan adanya web indonesiabercerita.org, dimana selain cerita dalam bentuk blog, teman-teman bisa men-download podcast (cerita versi audio dalam format mp3).
Semua orang bisa jadi pencerita.
Ayo mendongeng buat anak Anda :)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...