Sunday, January 8, 2012

Get fun with play doh

Secara sekarang aku beralih profesi dari staf kantoran ke 'teacher at home', so ini lagi rajin-rajinnya aku browsing ide di internet buat diajarkan ke Vino. Dengan cara yang fun tentunya.
Supaya dia nggak lari-lari, aku coba kasi play doh atau bahasa indo-nya 'malam' ^^
Fun with play doh


Robot-made by mama
Survey penyu
Cars-made by papa
Penyu made by papa

Bahan:

Kertas koran atau yang lain untuk alas
Cetakan kue
Play Doh

Vino senang play doh bikinan papanya. Dia sendiri masih belajar bikin bentuk bola sama bentuk panjang kayak cacing. Dan main wadahnya yang warna warni.

Bentuk-bentuk aktivitas dengan play doh ini banyak dan bervariasi.
  • Belajar bentuk. Anak bisa diajak untuk membuat dan menyortir bentuk besar dan kecil atau membuat berbagai bentuk dengan cetakan.
  • Belajar mengenai warna. Melalui permainan ini bisa dikenalkan warna-warna dasar kepada anak, dan dan apa yang terjadi jika warna yang berbeda dicampur, misalnya biru dicampur dengan kuning jadi hijau, merah dengan kuning jadi orange, dll. Alternatif lain anak bisa diajak untuk mengelompokkan warna dan membuat pola.
  • Membentuk dan Mencium. Tambahkan aroma dari bahan pembuat kue misalnya, vanilla, jeruk, mint, strawberry dll), aroma bunga-bungaan atau rempah-rempah bubuk dari kayu manis, kulit jeruk dll pada adonan play-doh anda. Mintalah anak-anak menjelaskan bau yang mereka cium pada play-doh. Misalnya, “Yuk buat gajah dengan aroma jeruk... Coba, yang mana adonan berbau jeruk?” “Yang ini berbau kayu manis, menurut kamu bau kayu manis ini seperti apa?” 
  • Membuat tekstur: Gunakan apa saja untuk menciptakan permukaan dengan  tekstur unik, garpu, tusuk gigi, kancing, kulit kerang. 
  • Memotong. Anak-anak dapat belajar menggunakan gunting. Memotong kertas mungkin agak sulit karena anak sulit memegang dan memotong kertas. Tipiskan play doh dengan gilingan kue. Berikan gunting yang aman untuk anak. Play doh baik untuk belajar menggunting sebagai pengganti kertas.


Bermain play doh ini selain menyenangkan juga bisa melatih kemampuan motorik anak karena meningkatkan kekuatan tangan, jari-jari dan pergelangan, yang dapat mendukung kemampuan handwriting mereka kelak. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa menggunakan tangan dan jari mensimulasi otak dan meningkatkan jumlah koneksi neural di otak. Jadi anak tidak hanya membentuk hewan atau makanan  dari play-doh, ia juga membentuk otaknya.

Manfaat-manfaat lain yang didapat:
Kemampuan sensorik
Salah satu cara anak untuk mengenal sesuatu yaitu melalui sentuhan. Dengan bermain play dough mereka belajar tentang tekstur, serta bagaimana menciptakan sesuatu.

Kemampuan berfikir

Bermain play doh bisa mengasah kemampuan berfikir anak. Latihlah dia dengan memeberikan contoh bagaimana bermain dan menciptakan sesuatu dengan play doh.

Self Esteem

Permainan play doh adalah permainan yang tanpa aturan sehingga berguna untuk mengembangkan kemampuan imajinasi dan kreatifitas anak. Dengan bermain play doh dapat meningkatkan rasa ingin tahu si kecil, sekaligus mengajarkannya tentang problem solving yang berguna untuk meningkatkan self esteemnya, tidak ada istilah salah atau benar dalam menciptakan berbagai  bentuk dengan play doh.

Kemampuan berbahasa
Meremas, berguling, membuat bola, dan berputar adalah beberapa kata yang akan sering didengar anak anda saat bermain play dough. Gunakan kata-kata untuk mendeskripsikan kegiatan anda bermain play dough. Atau jika perlu berilah nama untuk setiap bentuk yang anda buat dari play doh.

Kemampuan sosial
Selain bermain dengan anda, berilah kesempatan pada sikecil untuk bermain play doh dengan teman-temannya. Dengan bermain bersama, si kecil punya kesempatan untuk menjalin interaksi yang akrab dengan teman-temannya. Seorang anak pada dasarnya berfikiran self center, namun dengan melakukan aktifitas bermain bersama tersebut, maka anak-anak akan belajar bahwa bermain bersama juga sangat menyenangkan.



Anda dapat membuat Play-Doh sendiri.


**Sebenarnya, kita bisa membuat play doh sendiri (aku lagi males aja bikinnya, jadi cari yang sudah jadi hehe).

Bahan-bahan murah dan mudah didapat.  Anda dapat membuatnya kapan saja anda mau.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 gelas tepung terigu
  • ½ gelas garam
  • ½ gelas air
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Aroma makanan bubuk atau pasta (jeruk, vanilla, strawberry, kayu manis dll.)

Cara membuat:



  1. Campur tepung terigu, garam dan air.
  2. Pulung-pulung hingga adonan kalis (tidak lengket).
  3. Teteskan pewarna makanan sesuai keinginan dan pulung lagi hingga tercampur rata. Anda dapat menambahkan glitter sehingga Play-Doh berkelap-kelip. Tambahkan aroma agar Play-Doh anda wangi dan menyenangkan anak-anak.
  4. Play-Doh anda siap dalam waktu 15 menit. Mudah sekali, bukan?

Simpan Play-Doh dalam wadah yang tertutup rapat atau kantong plastik dan diikat kemudian masukkan dalam kulkas sehingga tidak cepat mengeras. Bila Play-Doh terasa lengket, tambahkan sedikit tepung terigu.

So, it's fun isn't it?? ^o^

source: dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...